You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Dampit
Desa Dampit

Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Optimalisasi Pertanian di Lahan Tadah Hujan

Administrator 18 Juni 2019 Dibaca 610 Kali

Cileutik merupakan daerah bukit yang berada di wilayah RW 003 Desa Dampit yang berbatasan langsung dengan Hutan Kawasan TB. Masigit Kareumbi. Di lahan tersebut masyarakat menggarap lahan sebagai lahan pertanian untuk palawija atau sayuran, namun yang menjadi permasalahan adalah lahan tersebut hanya bisa ditanami pada musim penghujan. dengan permasalahan tersebut banyak petani penggarap akhirnya meninggalkan lahan tersebut.

Pada Tahun 2017 Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit yang berorientasi pada kelestarian lingkungan mendapat program adopsi tanaman (buah-buahan) dari PT. Amerta Indah Otsuka sebanyak 3000 batang pohon (buah-buahan). Daerah  yang menjadi lokasi penanaman adalah Blok Cileutik seluas 7,5 Ha dengan legalisasi dari Kepala Desa Dampit berupa Surat Keputusan Penetapan Cileutik sebagai Lokasi Penanaman Program Adopsi Pohon dari PT. Amerta Indah Otsuka  dengan Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit sebagai Pengelolanya.

Kelompok Eco Village Sabilulungan berorientasi selain untuk pelestarian lingkungan juga sebagai potensi wisata. Lahan tersebut diproyeksikan sebagai Taman Agro Wisata dimana nantinya tumbuh berkembang berbagai jenis buah-buahan. selain upaya penghijauan juga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi khususnya umumnya masyarakat desa Dampit.

Namun tetap yang menjadi permasalahan kami juga adalah dari sisi pengairan yang terbatas hanya pada musim penghujan. di Tahun 2018 Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit melalui fasilitatornya mendapat kerjasama dengan  Puslit PDP UNPAD yang akan mengembangkan dan meneliti/riset tentang pertanian , khusunya tentang Varietas, obat-obatan dan pupuk apa yang cocok / sesuai dengan kondisi (Ketinggian, suhu, karateristik tanah) desa Dampit khususnya di Cileutik.

Sebagai langkah awal Puslit PDP UNPAD bekerjasama dengan PLN  (CSR) untuk  penyediaan sumber listrik Tenaga Surya yang akan digunakan untuk memompa air dari lokasi yang rendah ke lokasi yang tinggi. Setelah terpasangnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya maka air yang mengalir dari hutan dapat ditampung dan di sebarkan ke tempat yang lebih tinggi dan luas. untuk menampung air di bangunkan beberapa Embung. Embung tersebut di buat di beberapa titik yang tersebar di lokasi Cileutik. Dari Embung tersebut nantinya dipakai untuk menyirami lahan pertanian.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image