Artikel

Optimalisasi Pertanian di Lahan Tadah Hujan

17 Juni 2019 13:24:02  Administrator  125 Kali Dibaca  Berita Desa

Cileutik merupakan daerah bukit yang berada di wilayah RW 003 Desa Dampit yang berbatasan langsung dengan Hutan Kawasan TB. Masigit Kareumbi. Di lahan tersebut masyarakat menggarap lahan sebagai lahan pertanian untuk palawija atau sayuran, namun yang menjadi permasalahan adalah lahan tersebut hanya bisa ditanami pada musim penghujan. dengan permasalahan tersebut banyak petani penggarap akhirnya meninggalkan lahan tersebut.

Pada Tahun 2017 Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit yang berorientasi pada kelestarian lingkungan mendapat program adopsi tanaman (buah-buahan) dari PT. Amerta Indah Otsuka sebanyak 3000 batang pohon (buah-buahan). Daerah  yang menjadi lokasi penanaman adalah Blok Cileutik seluas 7,5 Ha dengan legalisasi dari Kepala Desa Dampit berupa Surat Keputusan Penetapan Cileutik sebagai Lokasi Penanaman Program Adopsi Pohon dari PT. Amerta Indah Otsuka  dengan Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit sebagai Pengelolanya.

Kelompok Eco Village Sabilulungan berorientasi selain untuk pelestarian lingkungan juga sebagai potensi wisata. Lahan tersebut diproyeksikan sebagai Taman Agro Wisata dimana nantinya tumbuh berkembang berbagai jenis buah-buahan. selain upaya penghijauan juga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi khususnya umumnya masyarakat desa Dampit.

Namun tetap yang menjadi permasalahan kami juga adalah dari sisi pengairan yang terbatas hanya pada musim penghujan. di Tahun 2018 Kelompok Eco Village Sabilulungan Desa Dampit melalui fasilitatornya mendapat kerjasama dengan  Puslit PDP UNPAD yang akan mengembangkan dan meneliti/riset tentang pertanian , khusunya tentang Varietas, obat-obatan dan pupuk apa yang cocok / sesuai dengan kondisi (Ketinggian, suhu, karateristik tanah) desa Dampit khususnya di Cileutik.

Sebagai langkah awal Puslit PDP UNPAD bekerjasama dengan PLN  (CSR) untuk  penyediaan sumber listrik Tenaga Surya yang akan digunakan untuk memompa air dari lokasi yang rendah ke lokasi yang tinggi. Setelah terpasangnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya maka air yang mengalir dari hutan dapat ditampung dan di sebarkan ke tempat yang lebih tinggi dan luas. untuk menampung air di bangunkan beberapa Embung. Embung tersebut di buat di beberapa titik yang tersebar di lokasi Cileutik. Dari Embung tersebut nantinya dipakai untuk menyirami lahan pertanian.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN CICALENGKA
DISKOMINFO
PPID
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Kp. Cicalengka-Sindangwangi KM 4 No. 96 Dampit -Cicalengka 40395
Desa : Dampit
Kecamatan : Cicalengka
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40395
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:179
    Kemarin:180
    Total Pengunjung:121.264
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan